Lompat ke konten

GoDaddy Membatalkan Domain Saya Secara Sepihak – Kecewa dan Senang

jangan gunakan godaddy
0
(0)

GoDaddy telah membatalkan domain saya secara sepihak. Anda perlu keberanian untuk kecewa jika berencana untuk berlangganan produk yang ditawarkan oleh mereka.

Simak pengalaman berharga ini sebagai bahan pertimbangan Anda untuk mengambil keputusan.

Siapa GoDaddy?

GoDaddy Inc. adalah sebuah perusahaan pendaftaran domain Internet, pencatat domain, dan hosting web Amerika Serikat yang diperdagangkan secara publik yang berkantor pusat di Tempe, Arizona, dan didirikan di Delaware.

Menurut informasi dari Wikipedia.org, pada 2023, GoDaddy adalah host web terbesar kelima di dunia berdasarkan pangsa pasar, dengan lebih dari 62 juta domain terdaftar. Perusahaan ini memiliki sekitar 21 juta pelanggan dan lebih dari 6.900 karyawan di seluruh dunia.

Menurut sumber lain, sebenarnya dia sangat populer bukan karena unggul dalam bidangnya, namun karena menghabiskan ratusan miliar dolar untuk iklan. Saya sendiri terlalu sering melihat iklannya di facebook dengan berbagai bahasa yang tidak saya mengerti.

Pembelian Domain di GoDaddy

Tanggal 4 Desember 2023 yang lalu, dunia Blogger dihebohkan dengan adanya informasi harga domain .net yang dijual oleh GoDaddy dengan harga Rp28.000,00 untuk jangka waktu 10 tahun. Saya memperoleh informasi ini melalui grup facebook WordPress Indonesia dan BLOGGER INDO

info harga domain murah

Penasaran, saya pun bergegas membuka situs Godaddy dan ternyata benar. Saya berhasil membeli domain .net seharga Rp28.091 untuk jangka waktu 10 Tahun, pembayaran melalui kartu Debit.

pembelian domain di godaddy

Saya pun merasa senang karena mendapatkan domain .net dengan harga murah selama 10 tahun.

Dalam paket pembelian, saya mendapat uji coba gratis situs web selama 14 hari dan otomatis akan ditagih setelah 14 hari jika saya tidak membatalkan. (kenapa? padahal saya tidak memilih untuk berlangganan itu)

Terkait:  Fitur-fitur Keren PowerPoint-2021, Anda Akan Menyukainya!

Namun, rasa senang saya sirna setelah saya mendapatkan email pada pagi hari, tidak sampai 24 jam setelah pembelian domain di GoDaddy.

GoDaddy Membatalkan Domain

GoDaddy membatalkan domain yang telah saya beli. Pukul 6 pagi, saya menerima email dari mereka tentang penghapusan domain.

godaddy membatalkan domain

Dalam emailnya, mereka menyatakan bahwa ada kesalahan dalam pembelian nama domain yang baru-baru ini saya beli seharga $0,00 ditambah biaya ICANN. Karena kesalahan ini, GoDaddy telah menghapus nama domain dan akan mengembalikan dana ke akun saya untuk biaya ICANN.

Saya berpikir, apakah mungkin perusahaan sebesar GoDaddy melakukan kesalahan seperti ini? Atau, jangan-jangan ini sebuah trik rekayasa mereka untuk mengumpulkan dana atau jumlah pengguna di akhir tahun 2023?

Seketika, pandangan saya berubah 180 derajat tentang GoDaddy. Awalnya saya kagum berubah menjadi curiga dengan berbagai pikiran negatif karena GoDaddy membatalkan domain saya.

Oleh karena itu, setelah GoDaddy membatalkan domain saya, saya berpikir untuk perlu menghapus metode pembayaran kartu debit yang telah saya daftarkan di situs mereka.

Walaupun saya sudah tidak berlangganan domain, saya tidak dapat menghapus kartu debit dengan segera, karena kartu tersebut tercantum sebagai metode pembayaran untuk langganan situs web (yang tidak saya pilih). Dan saya harus menghapus seluruh langganan produk mereka.

penghapusan produk go daddy

Kecewa dengan GoDaddy

Tidak hanya saya yang kecewa dengan GoDaddy, rekan-rekan sesama anggota grup juga banyak merasakan hal yang sama karena GoDaddy membatalkan domain secara sepihak.

kecewa dengan godaddy

Dapat dibayangkan, jika banyak orang yang telah menjadi “korban” oleh GoDaddy ini. Dari postingan beberapa anggota, bahkan ada yang membeli beberapa domain sekaligus pada hari itu.

Anda dapat  mengkalkulasikan menurut perkiraan sendiri, berapa kira-kira uang yang berhasil dihimpun oleh GoDaddy karena “kesalahan” mereka ini hanya dalam satu malam?

Terkait:  Agar Orang Lain Menyukai Kita, Enam Cara Ini Harus Dimiliki

Apakah kesalahan GoDaady ini yang pertama kali terjadi? Ternyata tidak, karena salah seorang anggota grup pernah juga mengalami hal yang sama beberapa tahun yang lalu sehingga ia tidak tertarik untuk membeli domain murah tersebut.

Pendapat Orang tentang GoDaddy

Saya coba telusuri pengalaman orang-orang menggunakan GoDaddy, dan ternyata seperti inilah pendapat mereka yang pernah kecewa dengan GoDaddy, bahkan sudah sejak 5 tahun yang lalu.

pengalaman pengguna godaddy 1
pengalaman pengguna godaddy 2

“Ya, GoDaddy sangat teduh. Mereka melakukan kejahatan seperti itu sepanjang waktu. Mereka akan mendaftarkan domain yang Anda cari jika menurut algoritma mereka itu layak dan kemudian melelangnya kepada Anda. Belum lagi mereka juga akan menawarkan Anda domain seharga $3 pada tahun pertama, namun setelah itu mereka akan mendongkraknya hingga $20 setahun setelahnya, yang berarti dua kali lipat rata-rata industri ($10 untuk .com).” Sumber: GoDaddy is a scam : r/web_design (reddit.com)

Pengalaman orang lainnya:

4 Reasons Why You Should Avoid GoDaddy – Stone Digital

Top 6 Reasons Why You Should Not Use GoDaddy

Anda mungkin tertarik membaca artikel tentang Server Web

Kesimpulan

Itulah pengalaman saya, GoDaddy membatalkan domain yang saya beli hanya dalam hitungan jam. Walaupun mereka telah mengembalikan dana saya setelah 5 hari pembatalan, saya tetap merasa kecewa dan saya tidak akan pernah kembali untuk menggunakan layanan mereka. Saya merasa kecewa sekaligus senang karena dapat terhindar dari beban biaya yang lebih besar pada masa yang akan datang.

Semoga informasi ini dapat memberikan pertimbangan bagi Anda untuk mengambil keputusan

Ketika Anda merasa postingan ini bermanfaat...

Ikuti kami di media sosial!

Kami mohon maaf karena artikel ini tidak bermanfaat bagi Anda!

Biar kami tingkatkan artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat menyempurnakan artikel ini?