Lompat ke konten

Backup Data Otomatis dengan Google Drive – Praktis dan Aman

backup-otomatis
0
(0)

Anda dapat membuat backup data otomatis dengan Google Drive sehingga Anda tidak perlu khawatir kehilangan data seperti dokumen, foto, dan lain-lain.

Google Drive adalah layanan penyimpanan data tersinkronisasi yang dikembangkan oleh Google. Google Drive menyediakan enkripsi dan akses yang aman untuk file Anda. File yang disimpan dapat dipindai dan dihapus secara proaktif saat malware, spam, ransomware, atau phishing terdeteksi.

Panduan berikut akan menunjukkan kepada Anda cara backup data otomatis menggunakan alat gratis Google Drive.

Cara Backup Data Otomatis dengan Google Drive

Cara kerja backup data otomatis dengan Google Drive ini adalah dengan mensinkronkan folder yang Anda pilih di PC ke server Google Drive (cloud). Google Drive melakukan sinkronisasi setiap terjadi perubahan dalam folder data Anda.

Untuk melakukan backup data secara otomatis menggunakan Google Drive di komputer Windows Anda, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Instal Google Drive untuk PC

Untuk menginstal Google Drive di PC Anda sangat mudah. Unduh aplikasi Google Drive lalu jalankan file penginstal dan ikuti instruksi yang tampil di layar komputer Anda.

Sign In ke Google Drive

Setelah Anda selesai menginstal, tampilan aplikasi Google Drive seperti dibawah ini. Klik tombol Sign in with browser, maka aplikasi akan membuka halaman login ke akun Google Anda di Chrome

google-drive-desktop

Di jendela Chrome, inputkan username akun Google (Gmail) Anda, kemudian klik Next lalu lanjutkan dengan menginputkan password Gmail Anda.

Tips: Jika Anda belum mempunyai akun Gmail, Anda dapat membuat akun baru dengan cara klik Create account

login-google

Tambahkan Folder Sinkron

Setelah Anda berhasil login, tampilan Google Drive menjadi seperti dibawah ini. Tambahkan folder dokumen yang ingin Anda sinkronkan (backup) ke Google Drive.

  • Klik My Computer kemudian klik Add Folder
memilih-folder-di-google-drive
  • Pilih folder yang ingin Anda sinkronkan
pemilih-folder
  • Setelah selesai memilih folder, klik Done
preferesensi Google Drive
  • Anda dapat melihat nama folder yang telah Anda pilih ada dalam daftar, kemudian klik Save
simpan-preferensi

Pilih Opsi Sinkron

Pada aplikasi Google Drive terdapat dua mode sinkron, yaitu Stream files dan Mirror files.

Terkait:  Panduan Mudah Menginstal Windows 7

Stream files artinya Anda perlu mengupload semua file Anda ke server Google (cloud) lalu aplikasi akan membuatkan virtual drive di PC Anda. Anda harus memilih opsi sediakan secara offline agar file tersalin ke PC.

Mirror files artinya aplikasi akan mengupload file yang ada dalam folder yang Anda pilih ke server Google (cloud) secara otomatis.

Agar Anda dapat mengakses file Anda seperti biasa di PC, Anda perlu memilih opsi sinkron Mirror files. Klik bagian Google Drive, lalu pilih Mirror files kemudian klik tombol Save

opsi-backup-data-otomatis

Selesai

Google Drive akan melakukan proses sinkronisasi semua data-data atau dokumen Anda yang ada dalam folder yang telah Anda tentukan.

Google Drive akan melakukan sinkronisasi setiap kali ada perubahan terhadap isi folder yang Anda pilih. Perubahan sekecil apapun akan disinkronkan, baik Anda membuat dokumen baru, mengedit dokumen atau menghapus dokumen.

Anda juga dapat mengembalikan file Anda yang terhapus, dengan cara membuka Google Drive Web lalu mengembalikan file terhapus yang ada di tong sampah.

Membuat backup data otomatis dengan Google Driven adalah salah satu upaya menjaga keamanan komputer Windows Anda, karena sistem Google akan memindai setiap file yang Anda upload ke servernya.

Semoga bermanfaat.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik pada bintang untuk menilainya!

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah vote: 0

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah orang pertama yang menilai artikel ini.

Ketika Anda merasa postingan ini bermanfaat...

Ikuti kami di media sosial!

1 tanggapan pada “Backup Data Otomatis dengan Google Drive – Praktis dan Aman”

Komentar ditutup.