Lompat ke konten

4 Tips Agar Terhindar dari Maag

sakit maag
0
(0)

Simak tips sehat berikut agar terhindar dari maag. Jangan anggap remeh penyakit ini, pada beberapa kasus tertentu penyakit maag dapat menimbulkan dampak yang fatal berupa kebocoran lambung atau kanker lambung yang berujung pada kematian seseorang.

Apa itu Sakit Maag?

Sakit maag dalam istilah kedokteran disebut gastritis atau peradangan lambung, gastritis terjadi pada organ tubuh lambung. Lambung terletak di sebelah kiri rongga dada dengan posisi miring ke bawah, menjorok ke kanan mendekati ulu hati. Kadang-kadang orang yang mengalami kondisi ini akan menunjuk atau memegang perut sebelah kiri atau ulu hati, tepat di bawah tulang dada.

Proses pencernaan makanan setelah di mulut akan terjadi pada organ lambung ini, untuk selanjutnya diteruskan ke usus di bawahnya. Dalam proses pencernaan tersebut dikeluarkan beberapa cairan asam lambung untuk membantu proses penghancuran makanan.

Penyebab  Sakit Maag

Penyakit maag merupakan suatu kondisi terjadinya peradangan pada lambung seseorang yang  mayoritas disebabkan infeksi bakteri Helicobacter Pylori, merupakan bakteri yang dapat hidup dan berkembang biak di saluran cerna manusia, lebih tepatnya di bawah lapisan selaput lendir dinding bagian dalam lambung (mukosa lambung). Adanya infeksi Helicobacter Pylori tersebut dapat menimbulkan peradangan pada dinding lambung sehingga mengakibatkan  terjadinya tukak lambung.

Merokok, minum a*****l/minuman keras atau mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti obat nonsteroid anti radang (aspirin/ibuprofen/ketoprofen/natrium naproxen), zat atau bahan mengandung racun (cairan pembersih lantai/pestisida/racun) dapat memperburuk kondisi lapisan dalam perut karena memicu peningkatan asam lambung yang berlebihan.

Terkait:  15 Makanan Pemicu Hipertensi: Hati-hati Konsumsi!

Penyebab lain penyakit maag adalah pola makan yang tidak teratur, gaya hidup yang tidak sehat, stres, jam tidur yang tidak baik, serta meminum kopi dalam takaran yang besar dan berulang-ulang. Penyakit maag ada terjadi secara tiba-tiba (akut) atau secara perlahan dalam jangka waktu lama (kronis).

Gejala  Sakit Maag

Gejala maag di antaranya adalah rasa perih atau nyeri pada ulu hati yang dapat berkurang atau bertambah parah dengan makan, mual, muntah, perut terasa penuh  atau kembung setelah makan, nafsu makan menurun. Apabila gejala tersebut menetap selama seminggu atau lebih, segera periksakan diri anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Tips Agar Terhindar dari Maag

Beberapa tips di bawah ini agar terhindar dari penyakit maag adalah:

1. Jaga Waktu Makan

jaga waktu makan

Tinggalkan kebiasaan menunda waktu makan, jangan biarkan perut kosong dalam waktu yang lama karena kebiasaan ini menyebabkan tidak adanya makanan atau minuman yang harus dicerna. Asam lambung bersifat korosif/iritatif (mengikis), apabila di dalam lambung tidak ada makanan, maka yang akan dicerna oleh asam lambung adalah lapisan lambung itu sendiri, sehingga kondisi ini dapat memperparah penyakit maag menjadi tukak lambung.

2. Pilih Jenis Makanan

Hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang asam/kecut (asam cuka, jahe, jeruk), susu, sari buah sitrus,  makanan pedas (sambal, merica), karena dapat memicu produksi asam lambung. Makanan yang berlemak (mengandung minyak, santan, gorengan seperti coklat, kue tart, dan keju) juga harus dihindari karena sulit dicerna lambung, demikian juga merokok, karena dapat memicu peradangan lambung.

Untuk penderita maag, usahakan mengonsumsi makanan yang teksturnya lembut (lunak) dan mudah dicerna, porsinya sedikit dengan frekuensi sering, perbanyak konsumsi buah dan sayur kecuali buah nangka, pisang Ambon, kedongdong, sayur  sawi dan kol. Sering-sering minum air putih, karena dapat mengurangi sifat asam dari makanan atau minuman. Kurangi mengonsumsi minuman seperti teh, kopi atau minuman bersoda.

Terkait:  Jaga Tekanan Darah dengan 4 Nutrisi Penting
makan tempe agar terhindar dari maag

Salah satu jenis makanan untuk mengobati penyakit maag adalah tempe, karena memiliki protein bagus/siap diserap oleh tubuh sebab telah dicerna oleh kapang (jamur) yang ada pada tempe dan senyawa anti peradangan.  Mengonsumsi tempe untuk pengobatan maag dapat disajikan dengan cara dikukus, direbus atau digoreng menggunakan sedikit minyak.

3. Hindari Stres

Stres dapat memperparah gejala maag, stres memang sulit untuk dihindari akan tetapi kita dapat belajar untuk mengatasinya. Untuk dapat mengurangi stres cobalah untuk melakukan aktivitas yang dapat menenangkan diri. Bagi yang muslim seperti memperbanyak dzikir dan membaca al qur’an.

4. Berpuasa

Puasa dapat membantu memperbaiki kerja dari sistem pencernaan dan mengurangi penyakit maag. Seperti kita ketahui, jenis maag ada dua macam; maag ringan dan maag berat. Untuk seseorang yang menderita maag berat memang tidak dianjurkan untuk berpuasa. Namun bagi penderita maag ringan, puasa justru akan membantu proses kesembuhan penyakit maag.

Penutup

Tips agar terhindar dari maag adalah dengan menjaga waktu makan dengan teratur, hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat memicu produksi asam lambung, menghindari atau mengelola stres serta dengan berpuasa.

Demikian tips agar terhindar dari maag, semoga 4 tips sehat ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan dapat kita praktikkan dalam kehidupan sehari hari.

Baca juga tips kesehatan lainnya

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik pada bintang untuk menilainya!

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah vote: 0

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah orang pertama yang menilai artikel ini.

Kami mohon maaf karena artikel ini tidak bermanfaat bagi Anda!

Biar kami tingkatkan artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat menyempurnakan artikel ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *