Lompat ke konten

12 Panduan Dasar Membuat Presentasi PowerPoint Sederhana Tapi Menarik

membuat presentasi thumb
0
(0)

Membuat presentasi powerpoint yang menarik merupakan tantangan tersendiri. Presentasi adalah berbicara atau berkomunikasi dihadapan orang banyak untuk menyampaikan suatu gagasan, ide, materi, dan sebagai narasumber atau hal lainnya. Presentasi harus dilaksanakan dengan baik agar dapat dipahami dan menarik perhatian audience. Oleh karena itu diperlukan bahan presentasi yang menarik dan interaktif serta tidak membosankan.

Bahan presentasi yang biasa digunakan adalah slide. Slide merupakan satu atau lebih halaman yang akan di tampilkan dalam presentasi. Slide presentasi dapat dibuat di banyak perangkat lunak, salah satu yang terkenal adalah Microsoft PowerPoint.

Untuk membuat slide presentasi PowerPoint yang menarik, dibutuhkan sedikit usaha lebih. Tidak harus rumit, slide presentasi dapat dibuat dengan cara yang sederhana namum menarik.

Tips Untuk Membuat Presentasi PowerPoint Agar Menarik.

  1. Mendesain sendiri slide yang akan ditampilkan atau mengunduh templat dari internet. Memakai templat bawaan dari PowerPoint menjadikan presentasi tampak membosankan karena sudah sering digunakan dan cenderung kaku.
  2. Mendesain rasio slide agar sama dengan rasio resolusi layar. Rasio yang tidak sama antara slide dengan layar mengakibatkan slide tidak dapat tampil sepenuh layar.
  3. Menjaga tingkat keterbacaan teks dengan cara menggunakan kontras tinggi antara warna latar belakang dan warna teks namun tetap nyaman dipandang.
  4. Memilih ukuran dan gaya font yang dapat dibaca dengan jelas bahkan dari jauh.

Sebelum lanjut, Anda mungkin ingin menonton video tutorial membuat presentasi PowerPoint di bawah ini

Langkah-langkah Dasar Membuat Presentasi Powerpoint Agar Menarik:

Tutorial ini menggunakan Microsoft PowerPoint 2010, namun Anda juga dapat menerapkannya untuk versi yang lebih baru karena pada dasarnya memiliki konsep yang sama.

Memilih Slide Kosong

Anda dapat memulai dengan memilih slide kosong agar bebas menentukan sendiri tata letak konten Anda. Untuk memilih slide kosong, di tab Home klik Layout lalu pilih Blank

Memilih slide kosong
Memilih slide kosong

Atur Ukuran Slide.

Setelah memilih slide kosong, selanjutnya adalah mengatur ukuran slide. Ini bertujuan agar rasio slide sama dengan rasio layar. Misalkan layar sebagai media penampil slide memiliki rasio 4:3 maka aturlah rasio slide Anda menjadi 4:3 juga, begitu juga jika rasio penampil slide adalah 16:9. Untuk mengatur ukuran slide, klik menu Design kemudian klik Page Setup, maka akan tampil layar dialog Page Setup. Pada bidang Slide size for pilih rasio resolusi layar perangkat yang sedang Anda gunakan. Pada kebanyakan layar komputer sekarang, rasionya adalah 16:9

Menentukan ukuran slide
Menentukan ukuran slide

Tambahkan Background Slide

Bagian penting dalam membuat presentasi PowerPoint agar menarik adalah dengan mendesain background sendiri. Anda dapat menentukan background berupa warna, tekstur maupun gambar. Untuk menambahkan background, klik kanan pada slide lalu pilih Format Background maka kotak dialog Format Background akan terbuka.

Menambahkan background
Menambahkan background

Pada kotak dialog Format Background, pilih jenis background yang Anda inginkan, background dapat berupa Solid fill, Gradient fill, Picture or texture fill atau Pattern fill. Di sini saya memilih Gradient fill.

Catatan: Jika Anda ingin format background diterapkan hanya untuk slide ini saja maka pilih Close, sedangkan jika ingin format bacground diterapkan untuk semua slide maka pilih Apply to All

Memilih background
Memilih background

Membuat Gradasi Warna

Gradasi warna adalah perpindahan satu warna ke warna lainnya. Gradasi warna dapat menghilangkan kesan kaku pada slide. Gradasi warna dapat diterapkan pada Background, bentuk dan juga teks.

Terkait:  Cara Membuat Animasi di PowerPoint - 5 Panduan Dasar

Gradasi Warna pada Bentuk

Untuk membuat gradasi warna pada suatu bentuk, klik bentuk lalu klik tab Format Shape, lalu klik Shape Fill kemudian pilih Gradient. Anda dapat memilih variasi yang disediakan atau dapat juga menetukan sendiri dengan cara memilih More Gradient.

Memilih gradient fill
Memilih gradient fill

Gradasi Warna pada Background

Klik kanan pada slide lalu pilih Format Background. Pada bagian Fill pilih Gradient fill, kemudian atur sebagai berikut:

  1. Pilih salah satu Preset colors
  2. Pilih Type gradasi
  3. Pilih Direction gradasi warna.
  4. Tentukan Angle (sudut) warna
  5. Klik salah satu penanda Gradient stops lalu ubah warna pada pilihan Color sesuai keinginan (penanda Gradient stops dapat ditambah atau dihapus)
  6. Atur tingkat kecerahan dan transparansi warna.
Menyesuaikan gradient fill
Menyesuaikan gradient fill

Menambahkan Teks

Anda dapat menambahkan teks dengan tiga cara, yaitu dengan WordArt, Text Box atau Shapes. Pada dasarnya ketiga jenis tersebut adalah sebuah bentuk persegi panjang, yang membedakan di antaranya teks yang telah diformat dan teks yang belum diformat.

1. Menggunakan WordArt.

Klik menu Insert lalu klik WordArt kemudian pilih gaya yang diinginkan.

Menggunakan WordArt
Menggunakan WordArt

Kemudian ketikan teks, misalnya “Tutorial Komputer”

Menambahkan teks dengan WordArt
Menambahkan teks dengan WordArt

2. Menggunakan Text Box.

Klik menu Insert lalu pilih Text Box kemudian klik dan tarik pada slide, lalu ketikan teks, misalnya “oleh”

Menambahkan teks dengan Text Box
Menambahkan teks dengan Text Box

Memformat Teks

Memformat teks adalah bagian penting dalam membuat presentasi PowerPoint yang menarik. Memformat teks bertujuan untuk memberikan sentuhan seni pada teks, agar teks menjadi lebih indah dan enak dipandang sehingga menarik perhatian.

Anda dapat mengubah ukuran, gaya font dan warna teks, Anda juga dapat mengubah Text Box menjadi WordArt.

Anda dapat menambahkan efek lainnya pada eks seperti Shadow, Reflection, Glow dan lainnya. Anda juga dapat mengubah warna teks melalui pilihan warna pada Text Fill dan Text Outline.

Memformat teks
Memformat teks

Menambahkan Bentuk

Anda dapat menambahkan berbagai macam bentuk ke dalam slide. Anda juga dapat membuat bentuk baru dengan cara menggabungkan beberapa bentuk. Anda juga dapat mengetikan teks pada bentuk tersebut. Untuk menambahkan bentuk, ikuti langkah berikut:

  1. Pada menu Insert, klik Shapes, pilih bentuk yang diinginkan misalnya persegi panjang kemudian klik pada slide,
  2. Untuk menambahkan teks, klik bentuk tersebut lalu ketikan teks, misalnya “www.mahmudan.com”.
  3. Kemudian sesuaikan ukuran bentuk dengan panjang teks.
Menambahkan sebuah bentuk beserta teks
Menambahkan sebuah bentuk beserta teks

Memformat Bentuk

Seperti halnya teks, Anda juga dapat menambahkan gaya pada sebuah bentuk. Berikut langkah-lanhkahnya:

  1. Pada menu Format lihat pada bagian Shape Style.  Anda dapat menambahkan efek seperti Shadow, Glow, Reflection, atau pilihan 3D.
  2. Untuk mendekorasi bagian isi shape, klik Shape Fill lalu pilih jenis dekorasi yang diinginkan.
  3. Untuk mewarnai garis luar klik Shape Outline lalu pilih warna yang diinginkan.
  4. Teks di dalam sebuah bentuk juga dapat ditambahkan gaya seperti halnya memformat teks.
Terkait:  Memutar Video di PowerPoint - Cara Biasa & Alternatif

Pada contoh di bawah ini, pada bagian Fill saya pilih jenis Gradient fill, lalu pada Preset colors  saya pilih model Gold II

Memformat shape dengan Gradient fill
Memformat shape dengan Gradient fill

Untuk efek, saya menggunakan Shape Effects  dengan memilih Preset 5

Menambahkan Shape Effect
Menambahkan Shape Effect

Untuk font, saya menggunakan Segoe UI Black ukuran 28 lalu untuk spasi huruf saya pilih sangat longgar.

Mengatur jarak antar huruf
Mengatur jarak antar huruf
membuat presentasi PowerPoint
gambar akhir slide-pembuka

Membuat Slide Kedua

Untuk membuat slide kedua, selain membuat slide baru, Anda juga dapat menduplikat slide pertama menjadi slide kedua dan seterusnya, lihat bagian menduplikat slide.

Sebagai variasi untuk slide kedua, saya menambahkan shapes dengan background gradasi warna dan menambahkan teks sebagai judul. Untuk background slide saya menggunakan gambar seperti di bawah ini.

Mendesain slide kedua
Mendesain slide kedua

Menambahkan Gambar Ke Slide

Menambahkan gambar ke slide adalah langkah yang tepat dalam membuat presentasi PowerPoint yang menarik. Dengan menambahkan gambar di slide, slide Anda jadi semakin menarik dan Audiens lebih mudah memahami maksud dan tujuan presentasi. Cara menambahkan gambar cukup mudah, yaitu di tab Insert klik Picture lalu pilih gambar. Selain itu, Anda juga dapat memasukan gambar melalui Shapes, berikut langkah-langkahnya:

  1. Tambahkan sebuah shape persegi panjang
  2. Klik kanan pada shape lalu pilih Format Shapes, lalu pada bagian Fill pilih Picture or texture fill kemudian pilih gambar dengan cara klik tombol File.
  3. Ubah ukuran ukuran shape/gambar sesuai keinginan.
Menambahkan gambar melalui shape
Menambahkan gambar melalui shape

Mengatur Posisi Objek

Obejk di di PowerPoint adalah apapun yang ada di sekitar slide presentasi, objek bisa berupa bentuk, gambar, teks, audio, video dan lainnya, baik berada di atas area mapun di luar area slide. Ketika di atas area slide terdapat tumpukan banyak objek, Anda dapat mengatur objek yang mana yang berada di depan dan yang berada di belakang. Untuk mengatur posisi sebuah objek, klik kanan pada objek lalu pilih Bring to Font (ke depan) atau Send to Back (ke belakang)

Mengatur posisi objek
Mengatur posisi objek
gambar akhir slide-pertama
gambar akhir slide-pertama

Menduplikat Slide

Jika presentasi Anda terdiri dari beberapa slide yang memiliki format backgound yang sama, menduplikat slide akan sangat menghemat waktu dan tenaga. Menduplikat slide akan menyalin apapun yang ada bersama slide, termasuk efek animasi setiap objek, pengaturan waktu dan juga efek transisi slide.

Terkait:  Cara Membuat Animasi di PowerPoint - 5 Panduan Dasar

Jika Anda ingin membuat prensentasi PowerPoint dengan efek animasi yang sama di setiap slide, sebaiknya Anda menduplikat slide setelah Anda menambahkan efek animasi yang lengkap untuk satu slide, baru kemudian menduplikatnya, ini bertujuan agar Anda tidak perlu mengulang kembali menerapkan animasi untuk slide berikutnya.

Untuk menduplikat slide, klik kanan pada slide lalu klik Duplicate Slide

Menduplikat slide
Menduplikat slide
gambar akhir slide-kedua
gambar akhir slide-kedua

Panduan dasar membuat presentasi PowerPoint sederhana tapi menarik telah selesai, agar presentasi Anda menjadi lebih menarik, selanjutnya adalah menambahkan efek animasi di PowerPoint.

Terima kasih telah mengikuti tutorial ini, semoga bermanfaat

Lihat juga video cara membuat presentasi PowerPoint ini di Youtube

Jangan lupa untuk membagikan tutorial membuat presentasi PowerPoint ini kepada teman dan kerabat Anda.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik pada bintang untuk menilainya!

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah vote: 0

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah orang pertama yang menilai artikel ini.

Ketika Anda merasa postingan ini bermanfaat...

Ikuti kami di media sosial!

Kami mohon maaf karena artikel ini tidak bermanfaat bagi Anda!

Biar kami tingkatkan artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat menyempurnakan artikel ini?

2 tanggapan pada “12 Panduan Dasar Membuat Presentasi PowerPoint Sederhana Tapi Menarik”

Komentar ditutup.