Lompat ke konten

Menggambar Rumah dengan Word – Mudah dan Simpel

membuat gambar rumah dengan word
5
(3)

Panduan mudah menggambar rumah dengan Word cocok untuk Anda dan anak Anda. Bagi Anda yang berencana membangun rumah, Anda mungkin butuh desain awal bentuk rumah yang akan dibangun. Anda mungkin bisa menyewa seseorang tetapi itu akan menambah biaya.

Anda bisa memanfaatkan aplikasi yang sering Anda gunakan untuk membuat gambar sederhana sebuah rumah, yaitu Microsoft Word. Microsoft Word atau Word menyediakan sebuah alat yang disebut Shapes. Alat ini terletak pada tab Insert.

Klik menu Insert lalu klik Shapes, kita dapat melihat berbagai macam bentuk yang dapat kita gunakan untuk membuat gambar. Bentuk yang tersedia meliputi garis, bentuk geometris dasar, panah, bentuk persamaan, bentuk diagram alur, bintang, spanduk, dan info.

menggunakan Shapes
Tool Shapes

Dengan Shapes, kita dapat menambahkan sebuah bentuk ke dokumen Word  atau menggabungkan beberapa bentuk untuk membuat gambar atau bentuk yang lebih kompleks, misalnya gambar rumah, gedung, mobil, denah lokasi dan lain sebagainya sesuai kreasi dan imajinasi kita.

Dalam tutorial ini kita akan mempraktekan membuat gambar sebuah rumah dengan Microsoft Word 2010. Walaupun menggunakan Microsoft Word 2010, mungkin tidak jauh berbeda dengan Microsoft Word generasi sesudahnya.

Gambar rumah yang akan kita buat terdiri dari 3 bagian utama, yaitu pondasi, dinding dan atap.

Cara Menggambar Rumah Menggunakan Microsoft Word

1. Membuat Gambar Pondasi Rumah

Kita akan memulai dengan membuat gambar pondasi. Pondasi yang ingin kita buat adalah bentuk trapesium, maka klik pada bagian Basic Shapes lalu klik Trapezoid.

memilih bentuk trapesium
memilih bentuk trapesium

Setelah memilih Trapezoid, kemudian klik sembarang tempat pada dokumen Word, maka hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini

bentuk trapesium di Word
bentuk trapesium

Sebuah bentuk trapesium berhasil dibuat, tetapi ukuran panjang dan lebar belum sesuai seperti yang diinginkan, untuk itu kita perlu mengubah ukurannya.

2. Mengubah Ukuran Dan Posisi Bentuk

Pilih sebuah bentuk yang ingin diubah, perhatikan, ketika sebuah bentuk dipilih maka akan tampil delapan buah titik pada sisi-sisinya, kita sebut saja namanya Resize Dot

resize dot pada sebuah bentuk
resize dot

Arahkan pointer ke salah satu Resize Dot tersebut, sehingga pointer berubah menjadi panah ganda (Resize Pointer aktif). Resize Pointer menunjukan 2 (dua) arah parah. Arah panah bisa vertikal, horizontal atau diagonal tergantung Resize Dot mana yang dipilih.

resize pointer pada sebuah bentuk
resize pointer

Ketika Resize Pointer aktif,  klik tahan dan tarik pointer sesuai arah yang diinginkan, jika menuju ke dalam, ukuran bentuk akan berkurang dan sebaliknya jika menuju ke luar ukuran bentuk akan bertambah. Setelah diubah, sekarang bentuk trapesium memiliki panjang ±10cm dan lebar ±0.8cm,  kira-kira seperti gambar dibawah ini

mengubah ukuran bentuk
bentuk trapesium setelah diubah

Untuk mengubah posisi, arahkan pointer ke tengah sehingga pointer berubah menjadi panah empat arah (Move Pointer aktif) lalu klik tahan dan tarik ke arah yang diinginkan.

Jika bentuk trapesium telah berhasil diubah seperti pondasi, berarti sekarang kita telah punya bentuk pondasi.

3. Membuat Gambar Dinding Rumah

Dinding yang akan kita buat adalah bentuk persegi panjang. Klik menu Insert lalu klik Shapes, pada bagian Rectangles klik Rectangle

memilih bentuk persegi panjang
memilih bentuk persegi panjang

Catatan: Saat sebuah bentuk dipilih, pointer berubah menjadi + (tambah), artinya sebuah bentuk akan segera ditambahkan pada posisi dimana kita akan klik (meletakan) pointer tersebut.

Kita dapat langsung membuat titik awal bentuk dinding dengan mengarahkan pointer tepat berada pada posisi atas bagian pondasi (lingkaran merah).

titik awal gambar dinding
titik awal gambar dinding

Klik tahan dan tarik pointer ke atas ± sepanjang 5cm, lalu ke kanan sepanjang bagian pondasi kurang sedikit. Jika berhasil, akan tampak seperti gambar dibawah, jika belum maka perlu mengubah ukuran dan posisinya seperti langkah nomor 2.

bentuk pondasi dan dinding rumah
bentuk pondasi dan dinding

Jika bentuk persegi panjang telah sesuai, berarti kita telah punya bentuk dinding. Selanjutnya adalah membuat bentuk atap.

4. Membuat Gambar Atap Rumah

Atap yang akan kita buat adalah bentuk segitiga. mari kita lakukan lagi. Klik menu Insert dan klik Shapes, pada bagian Basic Shapes pilih Isosceles Triangle

memilih bentuk segitiga
memilih bentuk segitiga

Selanjutnya arahkan pointer ke posisi bagian atas dinding, lalu klik tahan dan tarik sepanjang bagian dinding lebih sedikit. Jika perlu, lakukan seperti langkah nomor 2 agar ukuran dan posisinya sesuai dengan keinginan. Hasilnya kurang lebih seperti gambar di bawah ini.

gambar sketsa rumah
bentuk pondasi, dinding dan atap

Sekarang kita sudah punya bentuk-bentuk bagian utama rumah, yaitu pondasi, dinding, dan atap. Selanjutnya adalah mengubah warna masing-masing bagian agar tampak lebih menyerupai gambar bagian-bagian rumah.

5. Mengubah Warna Bentuk

Pada dasarnya sebuah bentuk terdiri dari 2 bagian yaitu isi (Fill) dan garis luar (Outline), sekarang kita akan mengganti warna dari masing-masing bentuk bagian tersebut.

Pilih sebuah bentuk, (kita mulai dari bentuk bagian pondasi, jika selesai lanjutkan dengan bentuk bagian lain), klik kanan pada bentuk tersebut lalu klik Format Shapes.

menu pintasan format bentuk
membuka Format Shape untuk mengganti warna

Jendela Format Shape akan terbuka, pada Format Shape terdapat pengaturan untuk beberapa bagian antara lain Fill, Line Color, Line Style, Shadow dan lain-lain. Di sini kita hanya akan mengatur bagian Fill, Line Color serta LIne Style dari sebuah bentuk. 

tampilan menu format bentuk
jendela Format Shape untuk mengatur warna/corak isi dan warna garis luar

Pada bagian Fill, karena kita sedang mengerjakan bagian pondasi, maka kita isi dengan pola/corak. Klik  Pattern fill, lalu pilih pola/corak yang sesuai, agar terlihat seperti batu pondasi maka pilih Shingle,  lalu ubah warna pada Foreground Color dan Background Color sesuai selera.

format gaya dan warna isi bentuk
mengatur corak/pola bagian isi (Fill)

Pada bagian Line Color, pilih Solid Line, pada Color pilih warna hitam.

format gaya dan warna garis bentuk
mengatur warna bagian garis luar (Line Color)

Pad bagian Line Style, ubah Width menjadi 0,25pt

ukuran garis bentuk
mengatur jenis garis luar (Line Style)

Jika sudah, tutup jendela Format Shape, hasilnya akan tampak seperti dibawah ini. Bentuk bagian pondasi sudah menyerupai gambar pondasi

gambar pondasi rumah menyerupai batu kali
gambar bagian pondasi

Selanjutnya adalah mengatur warna dan corak untuk bagian dinding dan atap. Ulangi langkah-langkah nomor 5 di atas. Sesuaikan Pattern Fill untuk setiap bagian, Pattern Fill bagian dinding gunakan Horizontal Brick, untuk bagian atap bisa gunakan Zig Zag atau lainnya, warna dapat menyesuaikan. Jika telah selesai hasilnya kira-kira akan seperti di bawah ini.

gambar pondasi dinding dan atap rumah
gambar bagian pondasi, dinding dan atap

Gambar untuk tiga bagian utama telah selesai, selanjutnya adalah membuat gambar bagian-bagian kecil seperti pintu, jendela dan lain sebagainya.

6. Membuat Gambar Bagian Pintu Dan Jendela Rumah

Untuk membuat bentuk pintu dan jendela, bisa menggunakan bentuk pada bagian Flowchart lalu pilih Predefined Process.

menggunakan bentuk flowchart untuk pintu dan jendela
memilih bentuk pintu dan jendela

Kemudian, sesuaikan ukuran dan warna bentuk Predefined Process tersebut dengan mengulangi langkah nomor 2 dan nomor 5, sehinggga menjadi seperti di bawah ini.

jendela dan pintu rumah
bentuk Predefined Process diubah menjadi bentuk jendela dan pintu

Salin dan tempel bentuk jendela beberapa buah lalu ubah ukuran serta warnanya untuk dijadikan bentuk pintu dan ventilasi, lalu letakan pada posisi yang pas. Kurang lebih seperti gambar di bawah ini.

gambar rumah sederhana dengan pintu dan jendela
gambar rumah setelah ditambah pintu dan jendela

Selain Copy-Paste, bentuk baru bisa dibuat dengan memutar (Rotate) bentuk asal dan mengelompokan (Group) beberapa bentuk.

Menggambar rumah dengan Word hampir selesai, Anda mungkin ingin menambahkan bagian-bagian lainnya, misal tanaman agar gambar rumah menjadi lebih indah.

7. Memutar Bentuk

Untuk membuat sebuah bentuk, kita dapat menggunakan bentuk baku yang disediakan alat Shapes, tetapi kita juga dapat membuat bentuk lainnya dengan cara memutar arah bentuk yang telah ada sehingga menjadi sebuah bentuk baru. Sekarang kita akan membuat gambar tanaman, untuk itu kita pilih saja bentuk Explosion 1 yang terletak pada bagian Star and Banners untuk dijadikan bentuk daun tanaman, buat menjadi 2 (dua) buah.

Pilih salah satu, saat suatu bentuk dipilih selain menampilkan Resize Dot, juga menampilkan Rotate Dot. Arahkan pointer ke Rotate Dot sehingga pointer berubah menjadi Rotate Pointer,  klik tahan lalu tarik ke kanan atau ke kiri untuk memutar arahnya.

cara memutar bentuk
memutar bentuk

Buat lagi satu bentuk trapesium lalu putar sehingga menjadi seperti pot tanaman

bentuk pot tanaman
membuat bentuk pot tanaman

Sekarang kita punya tiga buah bentuk baru, dua bentuk daun dan satu bentuk pot, kita akan menggabungkannya dalam Grup

8. Mengelompokan (Grup) Bentuk

Dekatkan posisi bentuk-bentuk daun dan pot (klik dan tarik) sehingga menyerupai sebuah bentuk tanaman, pilih sekaligus ketiganya dengan cara tekan tombol Ctrl pada keyboard, lalu klik untuk memilih bentuk-bentuk tersebut.

memilih semua bentuk
bentuk tanaman

Klik kanan pada bentuk yang telah dipilih tersebut lalu klik Group lalu pilih Group.

menu pintasan grup bentuk
mengelompokan (Grup) beberapa bentuk

Jika berhasil, bentuk daun dan pot menjadi satu kelompok menyerupai bentuk tanaman. Dengan di-Grup-kan, beberapa bentuk dapat diperlakukan sebagai sebuah bentuk, di-Copy-Paste, di-Grup-kan lagi atau diputar.

bentuk tanaman dalam pot
beberapa bentuk setelah di-grup-kan

Copy-Paste bentuk tanaman menjadi beberapa buah, lalu letakan (klik dan tarik) ke dekat gambar rumah untuk mempercantik gambar rumah. Tambahkan juga aksesoris lainnya agar terlihat lebih nyata.

Hasil Akhir Gambar Rumah

hasil akhir menggambar rumah dengan Word
gambar rumah dilengkapi aksesoris

Akhirnya, menggambar rumah dengan Word selesai. Anda telah berhasil membuat sebuah gambar desain rumah tanpa bantuan arsitek. Anda dapat menambahkan atau menghapus bagian-bagian lain, selamat berkreasi.

Tonton video cara menggambar rumah di Channel Youtube ini

Semoga bermanfaat.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik pada bintang untuk menilainya!

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah vote: 3

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah orang pertama yang menilai artikel ini.

Kami mohon maaf karena artikel ini tidak bermanfaat bagi Anda!

Biar kami tingkatkan artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat menyempurnakan artikel ini?

10 tanggapan pada “Menggambar Rumah dengan Word – Mudah dan Simpel”

Komentar ditutup.