Lompat ke konten

Trik Menampilkan Tabel Excel di Halaman Web tanpa Plugin: 6 Langkah Praktis

menampilkan-tabel-excel-di-halaman-web
0
(0)

Setelah mengikuti panduan menampilkan tabel excel di halaman web ini, Anda tidak perlu lagi memasang plugin apapun untuk membuat tabel yang sesuai dengan kebutuhan. Anda bahkan dapat menambahkan rumus di setiap cell di dalam tabel.

Anda mungkin pernah atau ingin menyisipkan tabel di halaman web untuk keperluan apapun, jika membuat tabel menggunakan cara biasa (blok tabel di WordPress atau text editor di Joomla) Anda mungkin akan kesulitan untuk mengatur tampilan tabel. Anda mungkin harus menggunakan plugin agar dapa membuat tabel yang sesuai dengan kebutuhan.

Dengan menggunakan Google Spreadsheet Anda dapat menyisipkan tabel excel di halaman web. Dengan cara ini, Anda dapat melakukan apapun di dalam tabel sebagaimana Anda biasa melakukannya di Aplikasi Excel. Contohnya adalah tabel di bawah ini, beberapa kolom di dalam tabel ini mengunakan rumus, Anda juga dapat berpindah antar sheet.

Dalam panduan ini, Mahmudan akan menunjukkan bagaimana cara menampilkan tabel Excel di halaman web manapun tanpa menggunakan plugin. Ikuti langkah-langkah berikut ini

Langkah-langkah Menampilkan Tabel Excel di Halaman Web

Langkah 1: Upload file Excel ke Google Drive

upload file Excel ke Google Drive

Buatlah sebuah tabel di Excel sesuai keperluan Anda, lalu upload ke Google Drive web, Anda harus memiliki akun Google untuk melakukan ini. Contoh yang digunakan di sini adalah file Gaji-Karyawan.xlsx

Langkah 2: Buka file Excel dengan Google Spreadsheet

buka file excel dengan google spreadsheet

Di halaman Google Drive web, klik kanan file Excel lalu pilih Buka dengan kemudian pilih Google Spreadsheet. halaman Google Spreadsheet akan terbuka di tab baru.

Terkait:  Cara Membuat Mesin Virtual CentOS-7 dengan Hyper-V

Langkah 3: Publikasikan ke Web

publikasikan file excel ke web

Setelah file terbuka di Google Spreadsheet, klik menu File lalu pilih Bagikan kemudian pilih Publikasikan ke web

Langkah 4: Sematkan File

sematkan file

Di dalam kotak dialog Publikasikan ke web, pilih tab Sematkan lalu klik tombol Publikasikan. Pesan peringatan Konfirmasi akan tampil di bagian atas tab browser, klik OK untuk mengonfirmasi.

Langkah 5: Salin Kode Semat

salin kode semat

Setelah Anda mengonfirmasi pesan peringatan, akan tampil kode semat. Salin kode semat tersebut lalu tempelkan di halaman web Anda.

Langkah 6: Tempel Kode Semat File Excel di Halaman Web

paste Kode Semat File Excel di Halaman Web

Jika Anda menggunakan WordPress, di halaman atau artikel pilih sebuah blok HTML Khusus, lalu tempelkan kode tersebut. Langkah ini sama seperti Anda menyematkan <iframe></iframe> di HTML secara umum. Jika Anda menggunakan Joomla, di dalam text editor, cari tombol Insert Code atau Edit HTML Source lalu tempel kode tersebut.

Tips: Untuk mengatur ukuran tampilan frame, Anda dapat menambahkan properti width=”100%” height=”260″ di dalam iframe seperti contoh di bawah ini

Hasil

Hasilnya sebagaimana yang Anda lihat di bagian atas panduan ini. Berikut cuplikan hasil menampilkan tabel Excel di halaman web

menampilkan tabel excel di halaman web

Satu hal yang perlu diingat, untuk melakukan perubahan pada tabel, Anda harus melakukannya di Google Drive.

Semoga bermanfaat.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik pada bintang untuk menilainya!

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah vote: 0

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah orang pertama yang menilai artikel ini.

Kami mohon maaf karena artikel ini tidak bermanfaat bagi Anda!

Biar kami tingkatkan artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat menyempurnakan artikel ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *