Lompat ke konten

Cara Membuat Animasi di PowerPoint – 5 Panduan Dasar

menambahkan animasi kepresentasi powerpoint
5
(1)

Sebelumnya, Anda telah mengetahui cara membuat presentasi di PowerPoint. Sekarang Anda dapat membuat animasi di PowerPoint dengan menguasai lima panduan dasar ini.

Menambahkan efek animasi di PowerPoint dapat memberikan sentuhan hidup dan menarik pada presentasi Anda. Dengan animasi, Anda dapat memperkuat poin-poin penting, mengatur alur informasi dengan baik, dan meningkatkan ketertarikan audiens terhadap presentasi Anda.

Dengan menguasai lima panduan dasar membuat animasi di PowerPoint ini, Anda dapat membuat animasi yang terkesan lebih hidup, lebih dinamis dan menarik daripada biasanya

Mari simak lima panduan dasar berikut.

Jenis Animasi di PowerPoint

Sebelum mulai menambahkan animasi, penting bagi Anda untuk mengetahui jenis-jenis animasi yang ada di PowerPoint. Jenis atau gaya animasi yang dapat Anda tambahkan bergantung pada jenis objek yang Anda pilih. Di PowerPoint terdapat empat jenis animasi, yaitu :

  • Entrance, adalah animasi yang memunculkan atau memasukkan objek ke dalam slide. Sebelum animasi dijalankan objek tidak terlihat, setelah animasi dijalankan objek akan terlihat di dalam slide.
  • Emphasis, adalah animasi mengubah  warna, bentuk, ukuran atau posisi objek di dalam slide namum kemudian akan kembali ke keadaan semula. Sebelum dan sesudah animasi diputar objek tetap berada di dalam slide.
  • Exit, adalah kebalikan dari entrance, animasi ini akan menghilangkan/mengeluarkan object dari slide. Setelah animasi diputar, objek menjadi tidak terlihat di dalam slide.
  • Motion Path, adalah animasi untuk menggerakan objek (berpindah tempat) sesuai jalur yang dibuat.

Keempat jenis animasi ini memiliki beberapa efek yang berbeda dengan opsi efek dan opsi tambahan yang berbeda pula.

Menambahkan Animasi di PowerPoint

Setelah mengetahui keempat jenis efek animasi, Anda dapat menambahkan satu atau beberapa jenis animasi untuk setiap objek yang ingin Anda animasikan. Objek yang ada di PowerPoint adalah teks, bentuk dan media.

Untuk menambahkan animasi ke suatu objek di PowerPoint, lakukan hal berikut:

  1. Pilih objek yang ingin Anda animasikan, misalkan teks.
  2. Lalu pada tab Animations, dalam grup Animasi, klik tombol More (panah merah) ,
Terkait:  12 Panduan Dasar Membuat Presentasi PowerPoint Sederhana Tapi Menarik
menambahkan animasi
  1. Kemudian pilih efek animasi yang Anda inginkan, misal Fly In
menambahkan animasi di powerpoint

Setelah memilih animasi, PowerPoint menampilkan pratinjau animasi yang Anda pilih

Mengatur Animasi di PowerPoint

Setelah memilih jenis animasi, langkah berikutnya adalah mengatur animasi. Anda dapat mengatur animasi dengan cara memilih opsi efek dan waktu mulai untuk setiap animasi yang Anda pilih. Mengatur animasi ini penting agar animasi yang Anda buat tidak terkesan kaku dan monoton.

Memilih Opsi Efek

Opsi efek setiap animasi berbeda-beda tergantung jenis animasi yang Anda pilih. Opsi efek untuk animasi Fly In akan berbeda dengan opsi efek animasi Float In.

Untuk memilih opsi efek, klik objek yang telah Anda animasikan, lalu klik Effect Options kemudian pilih opsi yang tersedia. Misalkan animasi yang telah Anda tambahkan adalah Fly In, maka Anda dapat memilih opsi efek From Bottom atau From Top-Left.

menentukan arah animasi

Menentukan Waktu Mulai Animasi

Anda dapat menentukan waktu mulai yang sama atau berbeda untuk beberapa animasi. Dengan mengatur waktu mulai yang berbeda, Anda dapat memainkan seluruh animasi secara berurutan atau bergantian.

Di bawah ini adalah pilihan waktu mulai animasi:

  • Start On Click, artinya animasi dimulai saat Anda klik mouse.
  • Start With Previous, artinya animasi dimulai bersamaan dengan animasi sebelumnya. Pengaturan ini menggabungkan beberapa efek sekaligus.
  • Start  After Previous, artinya efek animasi dimulai segera setelah animasi sebelumnya selesai dijalankan.

Untuk menentukan waktu mulai animasi, klik objek yang telah Anda tambahkan animasi, pada tab Animations, di grup Timing pilih salah satu opsi yangtersedia, Start: On Click, With Previous atau After Previous

waktu-mulai-animasi

Ketika Anda menambahkan cukup banyak animasi, Anda mungkin perlu menentukan waktu mulai yang berbeda-beda untuk setiap animasi, agar animasi berjalan secara bergantian bukan sekaligus.

Opsi Tambahan Animasi di PowerPoint

Opsi tambahan ini bergantung kepada jenis animasi yang telah Anda pilih. Opsi tambahan ini dapat untuk meningkatkan gaya efek animasi yang dijalankan oleh objek. Sama halnya dengan opsi efek, opsi tambahan juga berbeda tergantung jenis animasi yang Anda pilih. Misal, Anda memilih animasi Fly In untuk teks, Anda dapat menentukan opsi tambahan berupa per kata atau per huruf.

Terkait:  Cara cepat hapus background foto dengan Powerpoint

Untuk menggunakan opsi tambahan, pada tab Animations, di grup Animation, klik panah di sebelah kanan Effect Options (panah merah) maka kotak dialog opsi tambahan akan terbuka.

menampilkan opsi tambahan animasi

Pada kotak dialog opsi tambahan, Anda dapat mengatur opsi antara lain:

Opsi Tambahan untuk Efek

  1. Menambahkan efek pantulan untuk animasi Fly In.
  2. Menambahkan suara ketika animasi diputar.
  3. Pilihan animasi teks, seluruh teks sekaligus (All at once), per kata (By word) atau per huruf (By letter)
opsi tambahan efek animasi
opsi tambahan untuk efek

Opsi Tambahan untuk Waktu

  1. Menentukan penundaan animasi.
  2. Menentukan durasi animasi, dan
  3. Menentukan berapa kali animasi akan diulang
opsi tambahan untuk waktu
opsi tambahan untuk pengaturan waktu

Melihat Daftar Animasi di PowerPoint

Setelah Anda menambahkan satu atau beberapa animasi, Anda dapat melihat animasi apa saja yang telah Anda tambahkan. Untuk melihat daftar animasi yang telah Anda tambahkan saat ini di slide, pada tab Animations, klik Animation Pane.

Animation Pane menampilkan beberapa informasi penting tentang efek animasi, antara lain jenis efek, urutan beberapa efek dalam kaitannya satu sama lain, nama objek yang terpengaruh, dan durasi efek.

daftar animasi

Dari Animation Pane, Anda juga dapat membuka opsi tambahan untuk efek, pengaturan waktu mulai atau menghapus animasi.

Untuk menampilkan opsi animasi, klik nama objek di dalam daftar animasi kemudian klik tombol pilihan di bagian kanan, atau dapat juga dengan cara klik kanan pada nama objek di dalam daftar.

menampilkan opsi animasi
menampilkan opsi animasi

Mengatur Urutan Animasi di PowerPoint

Di Animation Pane, Anda dapat melihat daftar beberapa animasi yang telah ditambahkan. PowerPoint akan memainkan animasi sesuai urutan di dalam daftar tersebut mulai dari atas sampai ke bawah. Urutan animasi ini berkaitan erat dengan pengaturan waktu mulai yang telah diterapkan sebelumnya.

Jika Anda telah menambahkan beberapa animasi dengan waktu mulai yang sama, misal Start On Click atau Start With Previous maka Anda akan melihat setiap batang animasi berada sejajar satu sama lain sehingga pengurutannya tidak berpengaruh.

Apabila Anda telah menambahkan beberapa animasi dengan waktu mulai yang berbeda-beda, misal Start After Previous atau dengan penundaan, maka Anda akan melihat batang animasi dengan posisi yang tidak sejajar satu sama lain, sehingga ini akan berpengaruh terhadap pemutaran animasi secara keseluruhan.

Terkait:  Edit Background Foto Dengan 4 langkah Mudah

Oleh karena itu, Anda dapat mengatur kembali urutan animasi agar sesuai dengan urutan . Untuk mengatur urutan animasi, klik nama objek di dalam daftar animasi lalu pada tab Animations, bagian grup Timing, bagian Reorder Animation, klik Move Earlier atau Move Later

Anda juga dapat mengatur urutan animasi dengan cara memilih nama objek lalu klik dan tarik ke posisi yang Anda inginkan, misal ke atas atau ke bawah.

mengatur urutan animasi

Dengan mengatur urutan animasi, setiap objek yang ditambahkan animasi akan berjalan dengan halus, tidak saling berebutan satu sama lain.

Penutup

Untuk menambahkan animasi di PowerPoint, Anda perlu mengetahui jenis efek animasi yang akan Anda gunakan. Untuk mengatur urutan animasi di PowerPoint, Anda dapat menggunakan Animation Pane atau grup Timing pada tab Animations. Anda dapat menggeser objek animasi ke posisi yang diinginkan di dalam daftar atau menggunakan tombol Move Earlier atau Move Later. Dengan mengatur urutan animasi dengan tepat, Anda dapat memastikan animasi dimainkan sesuai urutan yang diinginkan dan berjalan dengan halus.

Semoga lima panduan dasar membuat animasi di PowerPoint ini bisa membantu Anda dalam menciptakan presentasi yang lebih dinamis dan menarik.

Anda juga dapat menonton video tutorial ini

Semoga panduan ini bermanfaat.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik pada bintang untuk menilainya!

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah vote: 1

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah orang pertama yang menilai artikel ini.

Ketika Anda merasa postingan ini bermanfaat...

Ikuti kami di media sosial!

Kami mohon maaf karena artikel ini tidak bermanfaat bagi Anda!

Biar kami tingkatkan artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat menyempurnakan artikel ini?