Lompat ke konten

Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word

  • Word
daftar isi otomatis di microsoft word
0
(0)

Apa itu Daftar Isi?

Jika Anda pernah atau sering membuat karya tulis, daftar isi mungkin bukan suatu hal yang asing bagi Anda. Daftar isi (bahasa Inggris: table of contents, disingkat TOC) adalah suatu daftar, biasanya ditemukan pada halaman sebelum dimulainya sebuah karya tulis, yang berisi subjudul dan anak subjudul beserta nomor halamannya. Daftar isi biasanya ditempatkan di bagian awal karya tulis, sebelum pendahuluan, dan setelah halaman judul.

Manfaat Daftar Isi

Daftar isi sangat penting untuk dilampirkan pada bagian kerangka suatu karya untuk memudahkan pembaca maupun penulis. Keberadaan daftar isi dapat memberikan gambaran singkat atau garis besar kepada pembaca tentang pokok pembahasan yang terdapat dalam suatu karya tulis. (sumber: gramedia.com)

Menggunakan Daftar Isi Otomatis

Bagaimana cara Anda membuat Daftar Isi?, apakah Anda masih membuat daftar isi dengan cara manual? Sudah saatnya Anda menggunakan daftar isi otomatis, artikel ini menunjukkan kepada Anda cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word.

JIka Anda mengikuti tutorial cara membuat daftar isi otomatis ini hingga tuntas, Anda akan mengetahui kelebihannya dibandingkan dengan cara manual. Dengan membuat daftar isi otomatis, Anda tidak perlu lagi mengetikan teks subjudul dan anak subjudul di daftar isi, atau nomor halaman untuk setiap bagian di dalam daftar isi. Ketika nomor halaman sub judul berubah, daftar isi secara otomatis akan mencocokan kembali hanya dengan satu klik.

Bagaimana Cara Membuat Daftar Isi Otomatis?

Membuat daftar isi otomatis cukup mudah, hanya dibutuhkan beberapa klik saja. Tetapi sebelum melakukan itu Anda perlu memastikan bahwa format atau gaya penulisan Anda telah sesuai dengan kaidah penulisan, agar Microsoft Word dapat mengenali teks mana yang merupakan subjudul dan anak subjudul. Untuk itu, jika Anda menyadari bahwa penulisan Anda belum sesuai format yang diharapkan. Ikuti panduan ini hingga selesai untuk mencegah terjadinya kekliruan atau kesalahan.

Terkait:  Edit Background Foto Dengan 4 langkah Mudah

Panduan membuat Daftar Isi Otomatis ini terdiri dari 3 subjudul yaitu menerapkan gaya Headings, memformat gaya Headings dan membuat Daftar Isi.

Berikut panduan langkah demi langkah membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word

A.  Menerapkan Gaya Heading

Sebelum membuat Daftar Isi Otomatis, satu hal yang perlu Anda pastikan adalah gaya penulisan. Apakah Anda telah menerapkan gaya Headings untuk subjudul-subjudul Anda?

Dalam suatu karya tulis, sering kita jumpai judul, subjudul, anak subjudul, atau istilah yang sering digunakan adalah bab, sub-bab, dan turunan yang lain. Dalam artikel ini saya menggunakan istilah judul, subjudul dan anak subjudul. Untuk membuat itu, Micorsoft Word menyediakan gaya Headings, Heading_1, Heading_2, Heading_3 dan seterusnya.

Apa pentingnya menerapkan gaya Headings ? Tujuan menerapkan gaya Headings adalah untuk memberitahu sistem, teks mana yang merupakan judul, subjudul dan anak subjudul. Dengan demikian, Microsoft Word dapat mengenalinya dan menyusun daftar isi sesuai urutan yang Anda buatOleh karena itu Anda perlu memastikan teks Anda telah menerapkan gaya Headings.

Cara menerapkan gaya Headings sangat mudah. Sebagai contoh saya akan menerapkan gaya Heading_1 untuk BAB_I_PENDAHULUAN, karena ini merupakan bab sebuah tulisan dan biasanya berada pada posisi paling atas halaman. Untuk menerapkan gaya Heading_1, lakukan langkah berikut:

  1. klik pada baris teks subjudul,
  2. kemudian klik Heading 1 yang terletak pada Home bagian Style. Apabila telah diterapkan gaya Heading_1, maka Style Heading_1 akan tersorot dan gaya teks akan berubah mengikuti gaya Heading_1. Perhatikan gambar di bawah ini
menerapkan gaya Headings
  1. Lakukan langkah nomor 1 dan 2 di atas untuk setiap subjudul lainnya serta Heading_2 untuk anak subjudul.
  2. Ketika Anda mengarahkan pointer ke teks subjudul atau anak subjudul, akan muncul sebuah segitiga di awal baris tersebut. Segitiga itu berfungsi untuk “menutup dan membuka” paragraf-paragraf yang berada di bawahnya sehingga memudahkan untuk menavigasi ke subjudul berikutnya.
Terkait:  Cara Membuat Mail Merge Word dengan Excel + Trik Khusus
fungsi headings

Jika format Heading_1 tidak sesuai dengan kebutuhan Anda, Anda dapat memformatnya sesuai keinginan, lihat memformat Headings.

B.  Menetapkan Format Headings

Yang dimaksud dengan menetapkan format Headings di sini adalah mengatur jenis font, warna dan pengaturan gaya lainnya. Jika Anda sedang memulai sebuah karya tulis baru, Anda dapat memulainya dari sini. Untuk memformat Headings, ikuti langkah berikut:

  1. Aktifkan menu Style dengan caraklik ikon di sudut kanan bawah pada bagian Style atau dengan menekan tombol Alt + Ctrl + Shift + S
  2. Pada menu Style, arahkan pointer ke Heading_1 sehinga muncul ikon segitiga lalu klik ikon tersebut
  3. kemudian pilih Modify.
memformat Headings
  1. Pada tampilan Modify Style, ubah gaya teks menjadi seperti yang Anda inginkan, Anda dapat mengubah jenis font, ukuran font, warna dan pengaturan lainnya. Untuk gaya Heading_1, biasanya format yang digunakan adalah teks Bold dengan perataan tengah, ukuran font 12 atau 14. Anda dapat menentukan sendiri sesuai kebutuhan penulisan.
modifikasi gaya headings

Anda boleh memilih penerapan format ini untuk setiap dokumen baru atau tidak. Jika ya, maka pilih New document on this template. Ini berguna agar Anda tidak perlu mengatur format gaya Heading setiap kali membuat karya tulis baru. Jangan lupa klik OK untuk menerapkan perubahan

Pemformatan Heading_1 selesai. Ulangi langkah-langkah di atas untuk memformat Heading_2, dan Heading_3 jika dibutuhkan.

C.  Membuat Daftar Isi Otomatis

Idealnya Daftar Isi dibuat pada halaman tersendiri, berada setelah halaman judul. Untuk membuat Daftar Isi otomatis di halaman kosong baru, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Sisipkan halaman kosong sebelum halaman awal, dalam contoh ini saya ingin menempatkan halaman Daftar Isi di posisi sebelum halaman KATA PENGANTAR.  Caranya, letakan cursor pada awal halaman tersebut, kemudian buka tab Insert lalu klik Blank Page.
Terkait:  Cara Membuat Kop Surat di Word - 5 Langkah Mudah
menyisipkan halaman kosong
  1. Di halaman kosong yang baru dibuat, buka tab Referances kemudian klik Table of Contents lalu pilih Daftar Isi Otomatis 2
memilih daftar isi otomatis 2
  1. Microsoft Word akan membuat Daftar Isi secara otomatis berdasarkan gaya Heading_1 dan Heading_2 (dan Heading_3 jika ada) yang telah diterapkan sebelumnya, tampilannya kira-kira seperti di bawah ini.
daftar isi otomatis
  1. Jika Anda telah membuat perubahan dokumen yang mempengaruhi Daftar Isi, klik Update Table untuk memperbarui Daftar Isi. Anda juga dapat memformat Daftar Isi selayaknya sebuah teks biasa.
update daftar isi

Sampai di sini, cara membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word telah selesai.

Kesimpulan

Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft word cukup mudah, apabila gaya penulisan telah sesuai dengan kaidah. Dengan menggunakan daftar isi otomatis, Anda tidak perlu lagi mengetikan subjudul dan anak subjudul, atau nomor halaman, semua itu akan dibuat otomatis di dalam daftar isi oleh aplikasi. Selain itu, penerapan gaya Heading_1 dan Heading_2 juga juga sangat berguna dalam menampilkan, membaca, dan mengedit karya tulis.

Semoga bermanfaat

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik pada bintang untuk menilainya!

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah vote: 0

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah orang pertama yang menilai artikel ini.

Ketika Anda merasa postingan ini bermanfaat...

Ikuti kami di media sosial!

Kami mohon maaf karena artikel ini tidak bermanfaat bagi Anda!

Biar kami tingkatkan artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat menyempurnakan artikel ini?