Lompat ke konten

3 Langkah Mudah Membuat Partisi di Windows 7/10/11

membuat-partisi-baru-di-windows
5
(2)

Anda dapat dengan mudah membuat partisi di Windows 7/10/11 tanpa perlu mendownload dan menggunakan aplikasi lain.

Jika Anda baru saja membeli Laptop atau PC yang telah terinstal dengan sistem operasi Windows-11, biasanya Anda akan menemukan hanya satu partisi di perangkat Anda yaitu partisi (C:), oleh karena alasan atau tujuan tertentu Anda mungkin ingin membuat partisi lain misalkan partisi (D:)

Panduan ini menjelaskan cara membuat partisi hanya dengan 3 langkah mudah menggunakan alat yang sudah ada. Alat yang digunakan untuk membuat partisi di Windows adalah Disk Management.

Disk Management adalah alat bawaan di sistem operasi Windows, sehingga langkah-langkah berikut ini dapat diterapkan untuk semua versi Windows mulai dari Windows 7, 8, 10 dan 11

Membuat Partisi di Windows 7/10/11 Menggunakan Disk Management

Menggunakan Disk Management

Untuk menggunakan Disk Management, Anda dapat menemukannya melalui kotak pencarian pada Start Menu. Buka kotak pencarian lalu ketikan “disk management” kemudian pilih Create and format hard disk partitions.

membuka disk management

Di jendela Disk Management Anda dapat melihat informasi daftar partisi yang ada di perangkat Anda lengkap dengan tipe, file system, status serta kapasitas yang dimiliki setiap partisi. Untuk dapat membuat partisi baru, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecilkan kapasitas partisi yang sudah ada.

disk management di Windows-11

Kecilkan Kapasitas Partisi Yang Ada

Dari partisi yang ada di dalam daftar Disk Management, tidak semua partisi dapat dikecilkan kapasitasnya. Karena beberapa partisi dibuat untuk mendukung sistem operasi dan untuk keperluan lain oleh sistem dengan ukuran yang cukup kecil.

Selain partisi (C:) untuk menyimpan file instalasi sistem operasi Windows, terdapat juga partisi lain seperti System Reserved atau partisi tanpa label yang digunakan untuk menyimpan kode Boot Manager, untuk pemulihan Windows, dan ruang cadangan untuk file startup yang mungkin diperlukan oleh BitLocker.

Jika saat ini Anda memiliki partisi (C:) dengan kapasitas 128GB atau yang lebih besar maka Anda dapat mengecilkan kapasitasnya menjadi sekitar 100GB – 80GB. Jika kapasitasnya di bawah 128GB, sebaiknya pertimbangkan untuk menambah ruang penyimpanan yang baru.

Untuk mengecilkan ukuran kapasitas partisi yang ada, lakukan langkah berikut ini:

  1. Pilih partisi yang memungkinkan untuk Anda kecilkan kapsitasnya, misalnya (C:). Klik kanan pada (C:) lalu pilih Shrink Volume
menyusutkan-ukuran-partisi-ama

  1. Pada bidang Enter the amount of space to shrink in MB, masukan jumlah ukuran yang ingin Anda susutkan, di sini saya membuat ukuran sebesar 32 GB atau 32.474 MB , Anda dapat menyesuaikan berdasarkan kebutuhan dan besar kapasitas disk Anda. Kemudian klik Shrink.
memilih-ukuran-baru

Setelah mengecilkan kapasitas partisi (C:) , maka Anda dapat melihat sebuah partisi baru yang belum belum aktif dengan label Unallocated.

Membuat Partisi Baru

Dalam Disk Management pada Disk 0 terdapat sejumlah ukuran partisi yang belum digunakan dengan label Unallocated yang dapat dijadikan untuk membuat partisi baru.

Untuk membuat partisi baru, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik kanan pada Unallocated lalu pilih New Simple Volume
membuat-partisi-di-windows-7

Setelah memilih New Simple Volume, jendela New Simple Volume Wizard akan terbuka.

  1. Pada kotak dialog New Simple Volume Wizard, klik Next
new-simple-volume-wiz-1

  1. Tentukan ukuran partisi baru. Pada bagian ini Anda dapat menggunakan semua ukuran yang tersedia, maka klik Next untuk melanjutkan.
maks-volume

  1. Tetapkan Drive Letter untuk partisi baru, Anda dapat memilih dari daftar yang ada, misal D atau E lalu klik Next
drive-letter

  1. Beri label partisi. Anda dapat menambahkan label di bagian Volume label dengan sesuatu yang Anda inginkan, misal Data. Centang juga pilihan Perform aquick format agar sistem memformat partisi dan langsung dapat digunakan, lalu klik Next untuk melanjutkan.
volume-label-partisi-baru

  1. Klik Finish untuk menyelesaikan pembuatan partisi
finish-partition-wizard

7. Selesai. Selamat! Anda telah berhasil membuat partisi baru. Seperti contoh gambar di bawah, semula hanya ada satu partisi yang dapat digunakan yaitu (C:) sekarang telah menjadi dua yaitu partisi (C:) dan partisi Data (D:). Anda juga dapat melihatnya di Windows Explorer.

partisi-baru-windwos

Penutup

Demikian cara membuat partisi di Windows 7, 8, 10 dan 11 hanya dengan 3 langkah mudah menggunakan Disk Management. Setelah mengetahui ketiga langkah membuat partisi baru di Windows 7/10/11 ini, Anda tidak perlu lagi menginstal alat tambahan.

Untuk lebih memudahkan Anda, lihat video tutorial cara membuat partisi di Windows

Semoga bermanfaat. Bagikan jika Anda merasa ini bermanfaat

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik pada bintang untuk menilainya!

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah vote: 2

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah orang pertama yang menilai artikel ini.

Kami mohon maaf karena artikel ini tidak bermanfaat bagi Anda!

Biar kami tingkatkan artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat menyempurnakan artikel ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *