Lompat ke konten

9 Tips Sederhana Keamanan Komputer Windows

7 tips keamanan komputer windows
0
(0)

Menjaga keamanan komputer sangat penting. Sama halnya ketika Anda menjaga keamanan rumah, komputer adalah rumah Anda di dunia maya.

Panduan ini merupakan tips terbaik saya berdasarkan pengalaman sebagai Administrator TI untuk menjaga keamanan komputer dengan sistem operasi Windows. Banyak dari kiat ini cukup mudah, gratis, atau bahkan tampak sederhana. Namun jika diterapkan semua, tips ini mampu memberikan keamanan siber penting dan praktik terbaik untuk komputer Anda.

Komputer dengan sistem operasi Windows seringkali menjadi target oleh pelaku kejahatan siber melalui penyebaran perangkat lunak berbahaya baik seacara online mapupun offline. Secara standar, komputer Windows telah dilengkapi berbagai alat keamanan untuk membantu melindungi komputer dari bahaya yang dapat merusak data maupun komputer. Namun, kebanyaan dari pengguna mengabaikan bahkan sering tidak terlalu peduli dengan prosedur kemanan komputer.

Tips berikut ini untuk menjaga keamanan komputer Windows untuk membantu mengurangi risiko yang tidak diinginkan baik saat komputer offline mapun online.

Tips Menjaga Keamanan Komputer Windows – Mudah dan Sederhana

Aktifkan Antivirus dan Firewall

Windows 10 dan Windows 11 telah dilengkapi dengan fitur Windows Security. Di dalamnya terdapat alat Antivirus dan Firewall yang telah diaktifkan secara bawaan, periksa dan pastikan agar kedua alat ini selalu dalam keadaan aktif.

Jika Anda masih menggunakan Windows 7 maka Anda perlu menginstal Antivirus untuk menambah tingkat keamanan.

Antivirus berfungsi untuk mencegah virus dan kode berbahaya memasuki komputer Anda. Firewall adalah sistem keamanan jaringan yang dirancang untuk mencegah akses tidak sah ke atau dari jaringan pribadi Anda.

Terkait:  3 Cara Mengaktifkan Hyper-V di Windows 10/11 dengan mudah

Buat Password Akun Administrator

Akun pertama di komputer Windows adalah anggota grup Administrator dan memiliki hak untuk menginstal perangkat lunak dan mengubah konfigurasi sistem.

Anda harus membuat password untuk akun administrator dan pastikan Anda untuk mengingatnya. Hal ini bertujuan agar tidak sembarang orang dapat membuat perubahan di sistem Anda.

JIka Anda tidak menggunakan password, siapa saja dapat membuat perubahan pada sistem, entah itu anak, saudara atau rekan kerja Anda.

Gunakan Akun Pengguna Standar

Jika Anda belum menggunakan user standar, buat dan gunakan segera. Pelajari cara membuat akun pengguna standar di Windows 11.

Dengan menggunakan user standar, sistem Anda akan terjaga dari perubahan yang tidak diinginkan maupun secara tidak sengaja. Ini juga membantu memblokir penginstalan perangkat lunak yang tidak diinginkan.

Ketika Anda menjalankan sebuah aplikasi atau membuka sebuah berkas yang akan membuat perubahan pada sistem, sistem akan meminta untuk menginputkan password Administrator. Sebelum mengetikan password, Anda patut mengetahui alasan atau tujuan berkas tersebut ingin membuat perubahan pada sistem.

Ketika Anda bermaksud membuka sebuah dokumen atau gambar, namun tiba-tiba sistem meminta konfirmasi Administrator, maka Anda patut curiga. Normalnya sistem tidak memerlukan izin Administrator untuk membuka sebuah dokumen atau gambar.

Aktifkan User Account Control

UAC membantu keamanan komputer
User Account Control

User Account Control (UAC) penting dalam menjaga kemanan komputer. UAC berfungsi untuk memberitahukan kepada Anda setiap kali ada perubahan terhadap sistem komputer. Ketika virus berusaha menyerang komputer Anda, pertama kali virus akan berusaha untuk mematikan fungsi ini.

Lakukan Pencadangan

Tips keamanan komputer yang tidak kalah penting adalah melakukan pencadangan. Pencadangan berkas rutin adalah cara penting untuk melindungi dari kehilangan data penting apa pun di hard drive Anda.

Kegagalan hard drive atau virus yang tiba-tiba dapat merusak, terutama jika Anda kehilangan semua foto, dokumen, dan data berharga lainnya. Di komputer yang Anda gunakan untuk bekerja, kehilangan seperti itu bisa menjadi kemunduran yang mahal.

Terkait:  Panduan Mudah Menginstal Windows 7

Selain membuat pencadangan ke penyimpanan internal atau ekternal, sebaiknya Anda juga melakukan pencadangan ke penyimpanan awan seperti Google Drive, simak cara backup data otomatis dengan Google Drive.

Kelebihan melakukan pencadangan ke penyimpanan awan ini data Anda tetap ada meskipun Harddisk Anda rusak, Anda dapat mengakses data Anda dimana saja sehingga pekerjaan Anda tidak terganggu. Setiap berkas Anda akan dipindai oleh sistem Google sehingga meningkatkan keamanan komputer Anda.

Perhatikan Tipe File

Tips keamanan komputer berikut ini sering diabaikan oleh pengguna. Ketika Anda akan membuka berkas dari Flashdisk, perhatikan tipe file yang akan Anda buka.

Pembuat virus berusaha untuk mengelabui Anda dengan cara membuat file berbahaya yang menyerupai sebuah dokumen biasa. Anda dapat melihat tipe file di Windows Explorer seperti gambar di bawah.

file type in windows explorer
Windows Explorer

Jangan pernah mengklik file, ketika Anda bermaksud untuk membuka sebuah dokumen Microsoft Word namun di Windows Explorer Anda melihat dokumen tersebut dengan tipe Application.

Hindari Perangkat Lunak C***k

Banyak dari perangkat lunak c***k yang disusupi dengan perangkat lunak berbahaya seperti malware, spam, ransomware. Sebagian perangkat lunak c***k meminta Anda untuk mematikan Antivirus dan Firewall pada saat penginstalan, dengan tujuan agar perangkat lunak tersebut leluasa melakukan aktifitas tanpa Anda menyadarinya.

Hal Itu sangat berisiko, karena dengan menggunakan perangkat lunak c***k, Anda telah membukakan pintu khusus untuk masuknya perangkat lunak jahat. Tidak selayaknya mengorbankan keamanan komputer demi sebuah perangkat lunak yang mungkin tidak terlalu penting. Mungkin hasil yang Anda dapatkan tidak sebanding dengan kerugian yang akan Anda alami.

Mungkin hari ini komputer Anda baik-baik saja, tetapi jika tiba saatnya si penyerang telah memilih korbannya dan bisa jadi itu adalah komputer Anda.

Terkait:  Cara Cepat Mengganti Nama Pengguna di Windows-11

Jangan biarkan pintu terbuka atau sistem operasi Anda rentan terhadap peretas. Unduh perangkat lunak dari sumber yang Anda percayai.

Kunjungi Situs Web Yang Aman

Hindari mengunjungi situs yang berpotensi menawarkan konten terlarang. Banyak dari situs ini memasang malware dengan cepat atau menawarkan unduhan yang berisi malware. 

Gunakan browser modern seperti Chrome, yang dapat membantu memblokir situs web berbahaya dan mencegah kode berbahaya berjalan di komputer Anda

Update Windows

Salah satu cara termudah untuk meningkatkan keamanan perangkat Windows Anda adalah dengan selalu memperbaruinya. Pembaruan Windows sering kali menyertakan p***h keamanan penting yang membantu melindungi perangkat Anda dari kerentanan. Anda dapat memeriksa pembaruan di pengaturan Windows atau mengaktifkan pembaruan otomatis untuk memastikan perangkat Anda selalu terbarui. 

Selain itu, penting untuk memperbarui aplikasi lain di perangkat Anda, karena aplikasi yang ketinggalan jaman juga dapat menimbulkan risiko keamanan

Demikian tips keamanan komputer windows yang dirangkum oleh Mahmudan.com, jika ada tips baru silakan komentar.

Tonton video tutorial lainnya di Youtube

Bagikan jika Anda merasa ini bermanfaat

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik pada bintang untuk menilainya!

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah vote: 0

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah orang pertama yang menilai artikel ini.

Ketika Anda merasa postingan ini bermanfaat...

Ikuti kami di media sosial!

Kami mohon maaf karena artikel ini tidak bermanfaat bagi Anda!

Biar kami tingkatkan artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat menyempurnakan artikel ini?