Lompat ke konten

Panduan Belajar Mengetik di Word – Membuat Surat Keterangan.

belajar-mengetik-surat-di-word
5
(3)

Panduan untuk belajar mengetik di Word – latihan membuat surat keterangan. Bagi Anda yang ingin lebih menguasai atau meningkatkan keterampilan mengetik di Word, panduan sederhana ini mudah untuk Anda ikuti.

Panduan ini akan menjelaskan kepada Anda setiap bagian penting yang harus Anda ketahui tentang cara mengetik di Word yang baik dan benar. Anda akan dapat mengetahui cara memilih ukuran kertas, cara mengatur margin, cara memformat teks, cara mengatur paragraf, serta cara menggunakan tab stop dan menyalin format.

Dalam belajar mengetik di Word ini, kita akan berlatih membuat surat keterangan. Ini bertujuan agar kita dapat menguasai setiap bagian penting yang ada pada aplikasi Microsoft Word. Bagian-bagian ini sangat berpengaruh dalam membuat suatu karya tulis maupun surat resmi.

Panduan ini menggunakan aplikasi Word 2010 sebagai sumber gambar pada setiap langkah, langkah-langkah dalam panduan ini dapat Anda praktikan juga pada aplikasi Word versi yang lebih baru.

Pengenalan Word

Sebelum mulai belajar mengetik surat di Word, kita perlu mengetahui atau mengenal setiap bagian pada aplikasi Word. Berikut adalah bagian-bagian dasar Word yang harus kita ketahui:

  1. Toolbar. Sesuai urutannya, di sini terdapat menu pintas untuk menyimpan (Save), membatalkan perubahan (Undo), membatalkan pembatalan perubahan (Redo) dan membuat dokumen baru (New). Kita dapat mengkustomisasi toolbar sesuai kebutuhan.
  2. Tab Menu, Microsoft menamakan bagian ini sebagai Ribbon. Setiap tab berisi berbagai alat dengan fungsi yang beragam seperti untuk mengubah ukuran kertas, mengganti jenis dan tipe fon, memasukan gambar, dan lain-lain.
  3. Penggaris Horisontal. Beberapa fungsi penggaris horisontal adalah untuk mengatur indentasi awal paragraf, batas paragraf, batas akhir paragraf dan perhentian tab (tab stop).
  4. Kertas Kerja, bagian atau tempat untuk mengetik, kita dapat mengatur ukuran kertas sesuai kebutuhan.
tampilan Microsoft Word 2010
Tampilan Word

Tombol Pintas di Word

Untuk meningkatkan kecepatan mengetik di Word, kita dapat menggunakan tombol pintas pada keyboard. Beberapa tombol pintas keyboard yang sering digunakan di Word:

  • Perintah Copy atau salin dapat dilakukan dengan tombol Ctrl + c
  • Perintah Paste atau tempel dapat dilakukan dengan tombol Ctrl + v
  • Perintah Save atau simpan dapat dilakukan dengan tombol Ctrl + s
  • Untuk membatalkan perubahan yang dibuat (Undo) dapat dilakukan dengan tombol Ctrl + z
  • Untuk membatalkan pembatalan perubahan (Redo) dapat dilakukan dengan tombol Ctrl + y
  • Membuat huruf tebal dapat dilakukan dengan tombol Ctrl + b
  • Membuat huruf miring dapat dilakukan dengan tombol Ctrl + i
  • Membuat huruf bergaris bawah dapat dilakukan dengan tombol Ctrl + u
  • Untuk mencetak hasil pengetikan dapat dilakukan dengan tombol Ctrl + p

Untuk tingkat lanjut, Anda dapat mempelajari 10 fungsi tombol pintas di Word untuk menjadi seorang Profesional

Belajar Mengetik di Word

1. Memilih Ukuran Kertas

Sebelum mulai mengetik, kita perlu memilih ukuran kertas pada Word agar sesuai dengan ukuran kertas yang terpasang pada printer. Memilih ukuran kertas sebaiknya kita lakukan pada awal saat bekerja, hal ini untuk menghindari perubahan tata letak naskah atau konten lainnya dalam dokumen Word akibat penyesuaikan ukuran kertas.

Untuk memilih ukuran kertas di Word, klik tab Page Layout, klik Size lalu pilih ukuran sesuai kebutuhan. Sebagai contoh dalam tutorial ini, ukuran yang dipilih adalah Letter

memilih ukuran kertas
Memilih ukuran kertas

2. Menentukan Margin Kertas

Margin kertas adalah batas yang berfungsi untuk mengatur jarak teks atau komponen lain dengan tepi kertas. Adapun cara menentukan margin kertas di Word adalah sebagai berikut:

  1. Klik menu Page Layout, klik Margin lalu pilih Custom Margins
Menentukan margin kertas
Menentukan margin kertas
  1. Pada kotak dialog Page Setup, pada tab Margins isikan angka pada bidang Top, Left, Bottom, dan Right. Aturlah marginnya menjadi seperti berikut ini:
  • Top           1 cm
  • Left           2,5 cm
  • Bottom     1,5 cm
  • Right        1,5 cm
  1. Kemudian klik OK untuk menerapkan
Mengatur margin
Mengatur margin

3. Mengetikan Teks

Mengetikan teks sudah cukup akrab bagi kita saat ini, kita sudah terbiasa mengetik teks pada smartphone setiap hari sehingga mungkin tidak akan sulit. Posisi huruf yang akan kita ketikan ditandai dengan kursor.

Untuk dokumen baru, secara bawaan kursor akan berada di bagian atas dokumen. Sebagai permulaan, ketikan teks berikut untuk judul surat yang akan dibuat: surat keterangan penghasilan

Setelah mengetikan teks, kita dapat melanjutkan dengan memformat teks.

4. Memformat Teks

4.1. Membuat huruf besar atau kecil

Pada menu Home, lihat bagian Font, kita dapat mengubah jenis huruf dari kecil ke besar atau sebaliknya.

Judul yang kita buat seharusnya menggunakan huruf besar, tetapi di awal tadi kita mengetiknya dengan huruf kecil, maka kita harus mengubahnya menjadi huruf besar.

Untuk memformat teks, kita perlu menyorotnya terlebih dahulu. Untuk menyorot teks, klik ganda pada bagian yang akan disorot, atau klik lalu tarik dari awal hingga akhir huruf.

Sorot seluruh teks judul lalu pada menu Home klik Change Case lalu pilih UPPERCASE.

Mengubah huruf besar atau kecil
Mengubah huruf besar atau kecil

4.2. Mengubah gaya dan ukuran font.

Pada menu Home, lihat bagian Font,  terdapat pilihan gaya, jenis dan ukuran font. Untuk semua huruf dalam surat ini kita menggunakan font Arial, untuk judul kita ubah ukurannya menjadi 14 dengan gaya tebal (Bold) dan bergaris bawah (Underline).

Sorot semua teks judul, lalu sesuaikan gaya dan ukuran font seperti di bawah ini.

  1. Font Arial
  2. Ukuran 14
  3. Huruf tebal dan bergaris bawah.
Mengubah gaya dan ukuran huruf
Mengubah gaya dan ukuran huruf

Setelah membuat judul, lanjutkan dengan membuat isi surat pada paragraf baru. Ikuti langkah berikut:

  1. Tekan Enter dua kali untuk berpindah ke paragraf baru
  2. Ubah perataan teks menjadi rata kedua sisi kiri dan kanan.
  3. Ubah ukuran huruf menjadi 12, gaya huruf normal (tidak tebal dan tidak bergaris bawah)
  4. Ketikan kalimat seperti berikut di bawah ini
Mengetik paragraf baru
Mengetik paragraf baru

Setelah mengetikan teks pada paragraf baru, selanjutnya adalah mengatur paragraf.

5. Mengatur Paragraf

Untuk keperluan penulisan, kita dapat mengatur perataan paragraf dan jarak antar baris dalam paragraf. Pilihan pengaturan paragraf di Word adalah sebagai berikut:

  1. Rata kiri
  2. Rata tengah
  3. Rata kanan
  4. Rata kedua sisi kiri dan kanan.
  5. Jarak antar baris..
Mengatur perataan dan jarak paragraf
Mengatur perataan dan jarak paragraf

5.1. Perataan paragraf.

Untuk mengatur perataan paragraf, klik pada paragraf yang akan diatur, lalu pada tab Home pada bagian Paragraph pilih jenis perataan sesuai kebutuhan (lihat gambar). Untuk judul kita atur menjadi rata tengah, sedangkan paragraf selanjutnya kita atur menjadi rata kedua sis kiri dan kanan.

5.2. Mengatur Jarak antar baris.

Dalam panduan ini, jarak antar baris yang digunakan adalah 1,15. Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan. Anda juga dapat menambahkan spasi sebelum dan tau sesudah paragraf.

Mengatur jarak antar baris
Mengatur jarak antar baris

5.3. Indentasi baris pertama paragraf.

Untuk mengindentasi baris pertama paragraf, letakkan kursor di awal paragraf dan tekan tombol tab. Ketika kita menekan Enter untuk memulai paragraf berikutnya, baris pertamanya akan diindentasi secara otomatis.

Mengatur indentasi
Mengatur indentasi

6. Membuat Tab Stop

Bagian penting dalam belajar mengetik di Word adalah menggunakan perhentian tab (tab stop). Dengan tab stop, kita dapat menentukan posisi awal sebuah teks. Kita dapat membuat perhentian tab yang sama untuk setiap paragraf sehingga tab menjadi rapi walaupun panjang teks paragraf berbeda-beda. Selain itu, kita bisa menggeser tab ke kiri, kanan, atau ke tengah.

Pada paragraf yang berisi data seperti nama, jabatan dan lainnya, biasanya dipisahkan dengan tanda titik dua. Posisi titik dua kita atur menggunakan tab stop.

Untuk membuat membuat tab stop, lakukan langkah berikut:

  1. Letakan kursor di akhir teks Nama, lalu klik penggaris horizontal di mana kita menginginkan perhentian tab. Dalam panduan ini, tab stop dibuat pada posisi 5cm dari margin kiri, lihat penggaris. Anda dapat menyesuaikan.
Membuat penanda tab stop
Membuat penanda tab stop
  1. Setelah Anda klik pada penggaris, penanda tab stop akan tampil pada penggaris.
  2. Tekan tab, lalu ketikan titik dua.
  3. Titik dua akan berada sejajar dengan tab stop. Ketika kita menekan Enter untuk memulai baris paragraf berikutnya, paragraf tersebut akan memilki tab stop yang sama.
Menggunakan tab stop
Menggunakan tab stop
  1. Lanjutkan dengan mengetikan baris berikutnya, sepert NIK, Jabatan dan lain-lain. Setelah selesai hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini:
Menggunakan tab stop pada paragraf berikutnya
Menggunakan tab stop pada paragraf berikutnya

7. Mengatur Tab Stop

Selain mengatur posisi tab stop, kita juga dapat mengatur perataan teks yang menggunakan tab stop. Pada baris Gaji Pokok, setelah titik dua akan diisi dengan angka. Angka biasanya ditulis dengan rata kanan, untuk itu kita perlu membuat satu tab stop dengan rata kanan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Letakan kursor setelah titik dua pada baris Gaji Pokok.
  2. Lalu pada penggaris horizontal, klik ganda pada jarak 10cm, maka kotak dialog tab akan terbuka. Di sini, kita bisa mengatur perataan tab, pada bagian Alignment pilih Right. Pada bagian Leader pilih dengan titik-titik.
  3. Kemudian klik OK untuk konfirmasi.
Mengatur tab stop
Mengatur tab stop
  1. Hasil menggunakan tab stop rata kanan dengan Leader titik-titik.
 tab stop rata kanan dengan titik-titik
Menggunakan tab stop rata kanan dengan penambahan titik-titik

8. Menyalin Format

Untuk memformat baris paragraf berikutnya, kita tidak perlu membuat tab stop yang baru. Kita dapat menyalin format yang sudah ada menggunakan Format Painter.

Klik pada baris Gaji Pokok lalu klik Format Painter, sebuah ikon kuas menempel pada pointer, kemudian sorot baris Tunjangan hingga baris Gaji Bersih.

Menggunakan Format Painter
Menggunakan Format Painter

Baris Gaji Pokok sampai dengan Gaji Bersih memiliki tab stop yang sama. Tekan tab setelah titik dua pada masing-masing baris tersebut. Hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini.

Hasil menyalin format
Hasil menyalin format

Tahap selanjutnya adalah membuat kalimat penutup. Letakan kursor pada akhir baris Gaji Bersih lalu Enter  dua kali untuk membuat paragraf baru.

9. Menghapus Tab Stop

Saat ini, kita mempunyai satu tab stop rata kiri dan satu tab stop rata kanan. Kita dapat menghapus tab stop yang tidak diperlukan. Pada pengetikan paragraf akhir, kita tidak memerlukan tab stop rata kanan, maka hapuslah tab stop rata kanan tersebut.

Untuk menghapus tab stop, klik tab stop tersebut lalu tarik ke bawah. Atau, klik ganda tab stop tersebut sehingga kotak dialog tab terbuka, lalu pilih posisi yang ingin dihapus yaitu 10cm, kemudian klik Clear lalu OK.

Menghapus tab stop
Menghapus tab stop

Setelah menghapus tab stop rata kanan, kita lanjutkan dengan mengetik kalimat penutup. Kalimat penutup yang akan kita buat seperti contoh di bawah ini.

Mengetik kalimat penutup
Mengetik kalimat penutup

Setelah mengetikan kalimat penutup kemudian Enter dua kali untuk berpindah ke paragraf baru.

10. Memindahkan Tab Stop

Setelah menambahkan kalimat penutup, dalam setiap surat diperlukan informasi tentang pembuat surat. Pada surat keterangan ini, informasi yang perlu dibuat adalah informasi tentang tempat, tanggal, jabatan, dan nama orang yang membuat surat keterangan.

Posisi teks informasi tersebut di dalam surat berbeda-beda tergantung pihak yang membuat, ada yang sebelah kiri dan ada yang sebelah kanan. Untuk mengatur posisi teks, kita dapat menggunakan tab stop yang sudah ada dan memindahkan posisinya.

Kita dapat memindahkan posisi tab stop ke kiri atau ke kanan. Untuk memindahkan tab stop klik dan tarik tab stop ke posisi yang diinginkan. Dalam panduan ini posisi tab stop berada di angka 10 pada penggaris, setelah menekan tab maka posisi kursor berpindah sejajar dengan angka 10, seperti pada gambar berikut.

belajar mengetik 18
Memindahkan tab stop rata kiri ke posisi kanan

Setelah memindahkan tab stop, ketikan teks tentang informasi yang diperlukan seperti contoh di bawah ini

belajar mengetik di word - membuat surat keterangan
mengetikan informasi tentang pembuat surat

Setelah Anda mengetik informasi tentang pembuat surat seperti tempat dan tanggal, jabatan dan nama, maka proses membuat surat keterangan telah selesai. Anda dapat mengunduh contoh Surat Keterangan / Pernyataan yang dibuat berdasarkan panduan ini.

Jika Anda membuat Surat Keterangan Penghasilan atau surat lain yang memiliki format yang sama dalam jumlah yang banyak, Anda dapat menggunakan Mail Merge dengan Excel sebagai sumber data.

Jika surat yang ingin Anda buat berisi tabel, panduan lengkap membuat tabel di Word ini akan membantu Anda.

Jika Anda membuat surat resmi yang dilengkapi dengan kop surat, Anda dapat mempelajari cara membuat kop surat di Word.

Penutup

Setelah mengikuti panduan belajar mengetik di Word ini, semoga Anda dapat memahami cara mengetik di Word dengan baik dan benar. Anda telah mengetahui cara menggunakan bagian-bagian penting yang sangat diperlukan dalam mengetik di Word.

Semoga panduan belajar mengetik di Word ini dapat menambah pengetahuan Anda dan meningkatkan keterampilan mengetik di Word.

Tonton video tutorial lainnya di Channel Youtube

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik pada bintang untuk menilainya!

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah vote: 3

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah orang pertama yang menilai artikel ini.

Kami mohon maaf karena artikel ini tidak bermanfaat bagi Anda!

Biar kami tingkatkan artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat menyempurnakan artikel ini?

Tag: